- Saat buka/tutup pintu kedap air, tingkap-tingkap dan lain-lain.
- Latihan sekoci/kebakaran dan alasan tidak dilakukan latihan.
- Keadaan sumber tenaga darurat.
- Alasan mengapa tidak menolong setelah terima isyarat darurat.
- Sarat kapal saat ditolak.
- Nama nahkoda, perwira dan setiap mutasi yang terjadi.
- Kelahiran dan kematian di kapal
- Mutasi antar awak kapal
- Kecelakaan/kerusakaan yang dialami
- Pengeringan, perbaikan
- Latihan-latihan berkala
- Pembukaan/penutupan pintu kedap air, tingkap.
- Pemuatan muatan berbahaya
- Catatan jumlah pekerja muatan.
Persyaratan
yang harus di penuhi untuk buku harian kapal yang baik yaitu :
a.
Di
cetak di atas kertas yang bermutu baik
b.
Di
buat menurut bentuk dan ukuran yang telah di tentukan
c.
Di
Jilid secara baik
d.
Isinya
dari urutan halaman demi halaman harus memenuhi peraturan.
e.
Di beri
nomor urut pada setiap halaman
f.
Di
isi tiap hari oleh Nakhoda / perwira kapal
g.
Hurup-hurup
dan angka-angka jelas dan tidak ada salah cetak.
h. Telah
diperiksa dan disahkan oleh syahbandar dibubuhi tanda tangan pada halaman depan
dan terakhir oleh syahbandar dan halaman demi halaman telah diperiksa dan
dicap/tanda tangan oleh pejabat yang ditunjuk oleh syahbandar.
i.
Agar tidak
kotor buku harian kapal seyoganya diberikan sampul.
- Sekurang-kurangnya 1 kali tiap bulan takwin, jika tidak dapat dipenuhi, di tempat pertama yang disinggahi.
- Jika selama 2 bulan takwin berturut-turut dengan alasan yang sah tidak punya kesempatan menyerahkan ditempat pertama.
a. Pengawasan pemerintah.
b. Ikhtisar tentang peristiwa-peristiwa kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
c. Sumber data Hakim (Setelah di Exhibitum)
- Penggunaan kata VESSEL dan V/L sama benarnya, tetapi untuk menyingkatkan penulisan / pencatatan dalam Buku Harian Kapal, sebaiknya dipakai kata V/L
- Penggunaan istilah FINISHED WITH ENGINE dan kependekannya FWE adalah sama tetapi untuk penyingkatan dalam pengisian Buku Harian Kapal, sebaiknya digunakan kata FWE
- Khusus dalam pengisian Buku Harian Kapal berbahasa Inggris, maka waktu dihitung hanya dalam JAM dan MENIT yang bulat, tanpa detik. Jadi DETIK dibulatkan ke atas atau ke bawah dan dihitung dalam bagian dari MENIT. Sehingga pencatatan waktu dalam Bahasa Inggris terdiri hanya dari 4 angka yang berurutan tanpa pemisahan oleh tanda titik. Contoh : Jam 20.03 = 2003hrs. Jadi cukup ditulis 2003 dan bukan 20.03 (20.03) adalah cara penulisan dalam bahasa Indonesia )
- Untuk memudahkan perhitungan pemakaian bahan bakar, maka diusahakan agar saat dinyatakan mesin siap (SBE=Standby Engine) dan saat Selesai Mesin (FWE=Finished With Engine), adalah merupakan jumlah waktu yang dapat habis dibagi 6 atau untuk lebih sederhana agar angka menit merupakan bilangan kelipatan 6 atau dapat habis dibagi 6.
2248 FWE
Dan jangan mencatat missal :
1311 SBE
1504 FWE
SIMBOL DAN SINGKATAN
|
INGGRIS
|
INDONESIA
|
V/L
|
Vessel
|
Kapal
|
L/B
|
Lifeboat
|
Sekoci
Penolong
|
L/R
|
Liferaft
|
Rakit
Penolong
|
SB ,
stb
|
Starboard
|
Kanan
|
SB side
|
Starboard
side
|
Lambung/sisi
kanan
|
Pt
|
Port
|
Kiri
|
PS
|
Port side
|
Lambung/sisi
kiri
|
A’side
|
Alongside
|
Sandar /
Merapat
|
o/b
|
On board
|
Di kapal,
tiba di kapal
|
Pilot
o/b , POB
|
Pilot On
Board
|
Pandu di
kapal,Pandu tiba di kapal
|
o/d
, O/D
|
On Deck
|
Di deck
|
i/w
|
In water
|
Di air
|
?
|
Shackle
|
Segel
|
?
|
Anchor
|
Jangkar
|
Pt ? 3 ? i/w
|
Port
Anchor three shackle in water
|
Jangkar
kiri 3 segel di air
|
ME ,
M/E
|
Main
Engine
|
Mesin
Induk,Motor Induk
|
AE
, A/E
|
Auxiliary
Engine
|
Mesin
bantu,Motor bantu
|
E/R
|
Engine
room
|
Kamar
mesin
|
OHN
|
One Hour
Notice
|
Pemberitahuan
satu jam
|
OHN to E/R
|
One Hour
Notice to Engine room
|
Pemberitahuan
satu jam ke Kamar mesin untuk siapkan mesin induk
|
Stby
|
Stand by
|
Siap ,
Siap-siap
|
SBE
|
Stand by
Engine
|
Mesin siap
, Mesin induk siap untuk keperluan Olah gerak
|
FA
|
Full Away
|
Selesai
mesin , Kapal bertolak , Muali pelayaran penyeberangan
|
BSV
, BOSV
|
Begin Of
Sea Voyage
|
|
SSP
|
Start Of
Sea Passage
|
|
Arr.
|
Arrival
|
Tiba
|
Dep.
|
Departure
|
Tolak,berangkat
|
SBE for
arr.
|
Stand by
Engine for Arrival
|
Mesin siap
untuk olah gerak kapal tiba
|
EOSV
|
End Of Sea
Voyage / Begin of Inner road Voyage
|
Berakhirnya
pelayaran penyeberangan ( berarti Haluan kapal dibawah komando Nakhoda karena
mulai memasuki perairan Bandar = Mesin siap untuk olah gerak kapal tiba )
|
ESP
|
End of Sea
Passage
|
|
FWE
|
Finished
With Engine
|
Selesai
mesin,kapal tiba,mesin induk tak digunakan lagi
|
SIMBOL DAN SINGKATAN
|
INGGRIS
|
INDONESIA
|
#
|
Hatch
Hold
|
Palka,Mulut
palka
Ruangan
Palka
|
# I
& II
|
No.1 &
No.2 Hatch
|
Mulut
Palka I dan II
|
TD
|
Tween deck
|
Ruang
palka pada geladak antara
|
UTD
|
Upper twin
deck
|
Ruang
palka pada geladak antara paling atas
|
LTD
|
Lower twin
deck
|
Ruang
palka pada geladak antara paling bawah
|
LH
|
Lower hold
|
Ruang
Palka paling bawah
|
# 3
LH
|
Lower hold
of hold No.3
|
Ruang
Palka paling bawah dari palka No.3
|
FPT
|
Fore peak
tank
|
Tanki
ceruk depan
|
APT
|
After peak
tank
|
Tanki
ceruk buritan
|
DBT
|
Double
bottom tank
|
Tanki
dasar berganda
|
FWT
|
Fresh
water tank
|
Tanki air
tawar
|
BWT
|
Ballast
water tank
|
Tanki
Ballast
|
FOT
|
Fuel Oil
Tank
|
Tanki
bahan bakar
|
HSD
|
High speed
Diesel
|
Minyak
solar bersih
|
MFO
|
Marine
Fuel Oil
|
Minyak
bahan bakar pekat
|
FO
|
Fuel Oil
|
Bahan
bakar
|
LO ,
Lub.Oil , Lube Oil
|
Lubricating
Oil
|
Minyak
Pelumas
|
FW
|
Fresh
water
|
Air tawar
|
Consumpt.
|
Consumption
|
Pemakaian,
Konsumsi
|
C/O , C/M
|
Chief
Officer,Chief Mate
|
Mualim I
|
2/O , II/O
, 2/M
|
Second
Officer, second Mate
|
Mualim II
|
3/0 ,
III/0 , 3/M
|
Third
Officer, Third Mate
|
Mualim III
|
A/M
|
Apprentice
Mate
|
Calon
Mualim
|
A/O
|
Assistance
Officer
|
Perwira
Pembantu
|
R/O
|
Radio
Officer
|
Perwira
radio,Markonis
|
C/E
|
Chief
Engineer
|
Kepala
kamar mesin
|
1/E
|
First
Engineer
|
Masinis I
|
2/E , II/E
|
Second
Engineer
|
Masinis II
|
3/E ,
III/E
|
Third
Engineer
|
Masinis III
|
BSN , B/S
|
Bosun,Boatswain
|
Serang
|
QM , Q/M ,
Q/Master
|
Quarter
Master
|
Juru mudi
|
A.B , A/B
|
Able body
|
Juru mudi
|
A.S , A/S
|
Able
Seaman
|
Panjarwala
|
O.S , O/S
|
Ordinary
Seaman ,Ordinary sailor
|
Kelasi
|
E/F ,
E/Foreman
|
Engine
Foreman
|
Mandor
Mesin
|
C/Cook
|
Chief Cook
|
Koki
Kepala
|
2/Cook
|
Second
Cook
|
Koki II
|
M/M, M/Man,
M/Boy
|
Mess man ,
Mess Boy
|
Pelayan ,
Pelayan ruang makan
|
SIMBOL DAN SINGKATAN
|
INGGRIS
|
INDONESIA
|
N
|
North
|
Utara
|
NE
|
North East
|
Timur laut
|
NNE
|
North –
North East
|
Utara-Utara
Timur laut
|
NEE
|
North
East- East
|
Timur-Timur
laut
|
E
|
East
|
Timur
|
SE
|
South East
|
Tenggara
|
SSE
|
South-
South
|
Selatan-Tenggara
|
SEE
|
South
East- East
|
Timur-tenggara
|
S
|
South
|
Selatan
|
SW
|
South West
|
Barat Daya
|
SSW
|
South-
South West
|
Selatan-Barat
daya
|
SWW
|
South
West- West
|
Barat-Barat
daya
|
W
|
West
|
Barat
|
NW
|
North West
|
Barat Laut
|
NNW
|
North-
North West
|
Utara-Barat
laut
|
NWW
|
North
West- West
|
Barat-Barat
Laut
|
SIMBOL DAN SINGKATAN
|
INGGRIS
|
INDONESIA
|
|
HIGH CLOUDS (1800 Feet above) = AWAN
TINGGI(Ketinggian 1800Kaki ke atas )
|
|||
Ci
|
=
|
Cirrus
|
Awan
Cirrus
|
Cs
|
=
|
Cirrostratus
|
Awan
Cirrostratus
|
Cc
|
=
|
Cirrocumulus
|
Awan
Cirrocumulus
|
MEDIUM CLOUDS (Between 8000-18000Ft) = AWAN MENEGAH
(Ketinggian antara 8000-18000 KAKI)
|
|||
Ac
|
=
|
Altocumulus
|
Awan
Altocumulus
|
As
|
=
|
Altostratus
|
Awan
Altostratus
|
LOW CLOUDS (Below 8000 Feet) = AWAN RENDAH
(Ketinggian dibawah 8000 Kaki)
|
|||
Sc
|
=
|
Stratocumulus
|
Awan
Stratocumulus
|
Ns
|
=
|
Nimbostratus
|
Awan
Nimbostratus
|
Str
|
=
|
Stratus
|
Awan
Stratus
|
CLAUDS EXTENDING FROM JUST ABOVE THE SURFACE TO
GREAT HEIGHTS
AWAN YANG BERKEMBANG MENINGGI DARI PERMUKAAN
|
|||
Cu
|
=
|
Cumulus
|
Awan
Cumulus
|
Cb / Cn
|
=
|
Cumulonimbus
|
Awan
Cumulonimbus
|
SIMBOL DAN SINGKATAN
|
INGGRIS
|
INDONESIA
|
b
|
blue sky
|
Cerah,
Langit terang, hampir tanpa
awan.
( Kurang
dari ¼ bagian langit berawan )
|
bc
|
blue sky
with detached Clouds
|
Cerah tapi
berawan, Baik tapi
berawan.
( Langit
terang dengan ¼ hingga ¾ bagian berawan )
|
c
|
Claudy
|
Berawan
( Lebih
dari ¾ bagian langit berawan atau tertutup awan )
|
O
|
Overcast
|
Mendung
(Hampir
seluruh bagian langit tertutup awan tebal )
|
x
|
dry air
|
Udara
kering
(Udara
kering dengan kelembaban kurang dari 60 % )
|
e
|
wet air
without rain
|
Udara
basah
(Udara menjadi
basah tanpa turun hujan)
|
g
|
Gloom
|
Gelap
(Cuaca menjadi
gelap menandakan akan turun hujan lebat)
|
w
|
wet or
heavy dew
|
Embun
(Udara
berembun)
|
z
|
dust haze
|
Kabut
sangat tipis
(Penglihatan
berkurang karena Atmosfer , Kabut akibat udara kering yang menguap)
|
m
|
Mist
|
Kabut
tipis
Penglihatan
maksimum 1 mil laut
|
f
|
Fog
|
Kabut
Penglihatan
maksimum 200 meter
|
F
|
thick fog
|
Kabut
tebal
Penglihatan
maksimum 100 meter
|
FF
|
dense fog
|
Kabut
sangat tebal
Penglihatan
maksimum 50 meter
|
l
|
Lighting
|
Kilat
Kilat/Petir
yang menandakan akan hujan
|
t
|
Thunder
|
Guntur
Guntur
yang mengiringi pancaran kilat, juga menandakan akan turun hujan lebat
|
p
|
Passing
showers of rain
|
Hujan lalu
Hujan yang
turun di bagian tempat saja dan cepat reda
|
d
|
Drizzling
, drizzle
|
Gerimis
Hujan
rintik-rintik
|
r
|
Rain
|
Hujan
Hujan yang
turun merata dan cukup deras
|
R
|
Heavy rain
|
Hujan
lebat
Hujan yang
turun sangat lebat dan lama
|
q
|
Squalls
|
Hujan tiba
– tiba
Hujan yang
turn secara tiba-tiba dan lebat
|
h
|
Hail
|
Hujan es
Air hujan
yang jatuh berbentuk butir -butir yang telah menjadi es
|
s
|
Snow
|
Salju
Salju yang
turun merupakan hujan dan mengurangi penglihatan
|
tlr
|
Thunderstorm
or thunder
|
Hujan
Badai
Guntur,Petir
dan hujan bersama-sama / hujan yang disertai Guntur petir
|
u
|
Ugly
threatening weather
|
Cuaca
buruk
Cuaca yang
menjadi sangat buruk karena timbul badai
|
SIMBOL DAN SINGKATAN
|
INGGRIS
|
INDONESIA
|
Comm.
|
Commenced
|
Mulai ,
Dimulai
|
Cont.
|
Continued
|
Dilanjutkan,diteruskan
|
Disch.
|
Discharging
|
Pembongkaran
muatan
|
Compl.
|
Completed
|
Selesai ,
Berakhir seluruhnya
|
Compl.disch.
|
Completed
discharging
|
Pembongkaran
muatan selesai
|
D.R.
|
Dean
Reckoning
|
Posisi
duga, Tempat duga
|
Sun.obs
, ? obs
|
Sun
Observation
|
Penilikan
matahari
|
?obs
|
Star Observation
|
Penilikan
bintang
|
?obs
|
Moon
Observation
|
Penilikan
bulan
|
?
, x , dist.
|
Distance
|
Jarak
|
Lt
, LH
|
Light
House
|
Menara
suar , Lampu suar
|
Ra
|
Radar
observation
|
Penilikan
radar
|
Pt
|
Point
|
Tanjung
|
pinang Pt
1640 dist 16’
|
Bearing of
Labu point 1640 distance 16nm
|
Baringan
Tanjung pinang 1640 jarak 16nm
|
?
|
Mountain
|
Gunung
|
A/C
|
Alter
Course
|
R/H ,
Rubah Haluan
|
A/C to 2700 (T)
|
Alter
course to 2700 True course
|
Rubah
Haluan menjadi
Haluan
sejati 2700
|
LT
|
Local time
|
Waktu
setempat,waktu lokal
|
1150 hrs
LT
|
At 1150
hours local time
|
Pada jam
1150 waktu setempat
|
-do-
|
ditto
|
sama
dengan diatas
|
F/A
|
Fore and
After
|
Muka dan
Belakang / Haluan dan Buritan
|
UMC
|
Under
Master’s Command
|
Dibawah
perintah Nakhoda / Dibawah komando Nakhoda
|
Kita bisa memahami buku pengisian harian kapal dan memahami cuaca awan
BalasHapus